Senin, 12 Maret 2012

Sistem Operasi


Pada dasarnya setiap mesin mempunyai sistem untuk mengoperasikannya. Banyak alat-alat yang biasa dipakai sehari-hari menggunakan sistem operasi, terutama sistem operasi komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengoperasiannya, karena interaksi antara perangkat keras dan perangkat lunak hanya mungkin dengan adanya sistem operasi.
Mata Kuliah Sistem Operasi merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Ilmu Komputer dan Informatika, dengan tujuan agar mahasiswa mengerti dan dapat lebih mendalami sistem operasi secara teoretis, yang bertujuan agar kelak dapat mengembangkan atau bahkan dapat menciptakan sistem operasi itu sendiri.
Buku ini terdiri atas delapan bagian, terjabarkan dalam 15 bab. Ruang lingkup bahasan seperti : Konsep Dasar Sistem Komputer, Pengertian Sistem Operasi, Struktur Sistem Operasi, Proses dan Implementasinya, Penjadwalan Proses, Sinkronisasi Proses, Deadlock, Manajemen Memori Nyata, Manajemen Memori Virtual, Manajemen Prinsip Dasar Input/Output, Mekanisme Input/Output, Sistem Manajemen File, Implementasi Sistem Manajemen File, dan Keamanan Sistem Komputer.
Pada buku inin juga terdapat studi kasus hampir di setiap bab, dengan tujuan agar pembaca mudah untuk memahami setiap bab yang ada di dalam buku ini dengan kasus-kasus sistem operasi yang telah dikenal (Windows, UNIX, Macintosh, Linux, Solaris serta beberapa sistem operasi lain).
Sistem Operasi
Oleh: Dony Ariyus & Abas Ali Pangeran
Tebal buku: 614 hlm

0 komentar:

Posting Komentar